Senin, 09 Februari 2009

Perang Dunia II Pecah

Senin, 09 Februari 2009
Perang Dunia II merupakan konflik militer tingkat dunia yang meletup sejak 1939 dan berakhir 1945. Perang Dunia II gabungan dari dua konflik. Konflik pertama terjadi di Asia, yaitu Perang Sino-Jepang II. Konflik kedua terjadi di Eropa yang dipicu oleh Invasi Polandia.


Konflik global ini kemudian memisahkan hampir seluruh bangsa di dunia menjadi dua pihak yang saling berlawanan. Pasukan Aliansi (Republik Sosialis Soviet, Amerika Serikat, dan Inggris yang terkenal denga pasukan The Big Three) di satu pihak dan pasukan Axis (Nazi Jerman, Fasis Italia, dan Kekaisaran Jepang yang menandatangani Tripartite Pact pada September 1940) di pihak lain. Perang ini terjadi di seluruh belahan dunia dan menewaskan lebih dari 60 juta orang. Perang ini juga disebut sebagai konflik yang paling mematikan sepanjang sejarah manusia.


Perang Dunia II merupakan perang dengan wilayah terluas yang pernah terjadi dan melibatkan lebih dari 100 juta personel militer dari 61 negara. Perang ini menghapus perbedaan sumber daya sipil dan militer dan memperlihatkan mobilisasi kemampuan ekonomi, industri, dan ilmu pengetahuan sebuah bangsa secara menyeluruh untuk kepentingan perang. Kenyataannya, hampir dua per tiga mereka yang tewas adalah warga sipil.

Metode pembunuhan yang penting pula untuk dicatat dalam perang ini adalah Holocaust, yang sebagian besar terjadi di belahan timur Eropa. Holocaust menyebabkan terbunuhnya 6 juta lebih kaum Yahudi dan minoritas sosial dan politik lain yang dilakukan pasukan Axis.


Konflik ini berakhir dengan kemenangan Aliansi. Akibatnya, Amerika Serikat dan Soviet berperan sebagai dua kekuatan super di dunia dan menyebabkan Perang Dingin yang terjadi di antara keduanya hingga lebih dari 40 tahun. Kekalahan Axis juga memberikan kesempatan bagi negara-negara di Asia dan Afrika untuk melepaskan diri dari penjajahan dan menjadi negara merdeka. Sementara Eropa menggulirkan wacana untuk bersatu, yang mulai terealisasi pada akhir abad ke-20.

0 komentar:

Posting Komentar